7 Tool Untuk seorang Pemula UI Desainer

Imran gembira
3 min readSep 6, 2020

Ada banyak sekali tool-tool untuk mendesain UI / mendesain produk, tetapi saya hanya memilih 7 Tool yang sering digunakan oleh desainer baik dari online maupun offline, oke langsung saja kepembahasan :

Figma

Figma memudahkan kamu membuat desain tampilan dengan cepat. Figma ini adalah platform yang berbasis web, jadi bisa dijalankan dengan menggunakan web browser yang kamu punya seperti : Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera dan Safari.

Karena Figma berbasis web, maka figma ini bisa dijalankan disemua sistem operasi baik itu Windows, MacOS atau Linux. Kelebihan dari figma ini adalah bisa menjadi tools kolaborasi dimana memungkinkan kita dapat bekerja seacara bersamaan pada suatu project.

Tentu sangat efektif bila kita sedang mengerjakan suatu project dengan Developer, Designer atau Copy Writer secara langsung dalam waktu yang sama.

Adobe Experience Design (XD)

Adobe XD adalah tools yang dibuat oleh perusahaan Adobe dan berada pada koleksi Adobe Creative Cloud.

Berbeda dengan koleksi Adobe lainnya, Adobe XD ini adalah aplikasi yang khusus dibuat untuk para desainer yang berfokus merancang antarmuka aplikasi atau web yang disebut dengan UI/UX Designer.

Adobe XD ini juga salah satu tools yang paling populer digunakan oleh para desainer profesional maupun pemula karena kemudahannya dan juga fitur yang banyak seta menarik. Sperti misalnya fitur voice trigger, auto animate, responsive dan lainnya.

Sketch

Sketch adalah salah satu tools yang paling populer dikalangan komunitas desain UI/UX Designer atau Web Designer. Sketch memudahkan kita untuk membuat tampilan hight fidelity dan prototype.

Salah satu fitur keren dari sketch adalah symbols, dimana kamu bisa mendesain UI assets dan elemen untuk digunakan kembali. Ini sangat membantu desainer untuk membuat desain agar lebih tertata dan konsisten.

InVision

InVision App atau yang bisa kamu lihat di situs invision, Tools ini untuk membuat prototype dari desain sebuah produk. Sesuai dengan mottonya “Design Better, Faster, Together”.

InVision App diciptakan untuk membuat prototype produk aplikasi baik berbasis mobile maupun desktop secara kolaboratif atar designer dengan developer. Desain, komentar dan perubahan yang dibuat oleh desainer, langsung tersinkronisasi seara live dengan design yang kamu lihat.

Adobe Photoshop

Selain beberapa tools diatas, dulu para web desainer atau desainer aplikasi menggunakan tools ini dalam menyelesaikan tools ini dalam menyelesaikan project desainnya.

Adobe Illustrator

Selain untuk membuat desain ilustrasi, ternyata Adobe Illustrator ini bisa juga digunakan untuk merancang antarmuka aplikasi atau web.

Karena bnyaknya Adobe Illustrator itu digunakan oleh para desainer ilustrasi, bisa dicoba juga digunakan untuk membuat project UI/UX atau Web Desugn.

Zeplin

Dengan zeplin ini memungkinkan desainer dan developer dapat berkolaborasi secara cepat dimana pun dan kapanpun dengan melalui akses internet.

Untuk aplikasi desktop Zeplin sendiri hanya tersedia untuk sistem operasi macOS. Dimana desainer ataupun pengguna Mac dapat mengekspor desain aplikasinya, Selanjutnya developer yang menggunakan Windows maupun Linux dapat melihat desainnya dengan mengakses aplikasi web Zeplin melalui browser,

--

--